Vitamin Penting Untuk Kesehatan Pencernaan

By | 28th May 2016

Vitamin Penting Untuk Kesehatan Pencernaan,- Tubuh memerlukan sejumlah vitamin dasar untuk dapat berfungsi secara maksimal, termasuk juga dalam pencernaan. Ada beberapa jenis vitamin yang amat sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Jenis Vitamin Penting Untuk Kesehatan Pencernaan

Vitamin B

Vitamin B penting untuk kesehatan pencernaan. Vitamin ini larut dalam air & tak dapat tersimpan dalam sel lemak, maka perlu dimakan rutin dalam diet sehari-hari. Vitamin B terutama terlibat dalam memperoleh energi dari makanan yang dikonsumsi ke dalam sel.

Jenis-Jenis vitamin B :

  • Asam folat. Asam folat kerap dikaitka dengan cacat lahir, disaat ini terdapat banyak makanan yang sudah difortifikasi dengan asam folat. Vitamin B ini sangat penting untuk kesehatan pencernaan sebab sudah terbukti dapat menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Vitamin B1. Vitamin ini dikenal sebagai tiamin, membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat dalam diet menjadi energi untuk sel-sel. Tiamin juga penting dalam regulasi selera makan.
  • Vitamin B2. Kekurangan vitamin B2 dapat mengakibatkan luka & bengkak pada lidah & mulut.
  • Vitamin B3. Vitamin B3 dikenal sebagai niacin, vitamin ini penting untuk banyak fungsi saluran pencernaan , termasuk pemecahan karbohidrat, lemak & alkohol. Tidak mendapatkan cukup vitamin B3 bisa menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai pellagra , yang menyebabkan muntah & diare.
  • Vitamin B6. Vitamin ini sangat penting dalam membantu proses system pencernan semua protein yang dimakan.
  • Biotin. Vitamin B ini membantu system produksi kolesterol & proses pencernaan protein, karbohidrat & asam lemak. Sesudah protein dipecah, biotin membantu kesehatan pencernaan dengan menyingkirkan produk-produk limbah.

Vitamin C

Vitamin C yang juga merupakan antioksidan memang sangat bermanfaat dalam menjaga system imun tubuh & mencegah flu. Tetapi Tidak cuma itu, vitamin yang mampu diperoleh dari buah-buahan segar ini diketahui sangat berperan dalam membantu proses pencernaan dengan jalan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin D

Vitamin D selain berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh, juga memilik peran pentung dalam kerja otot, syaraf juga imun tubuh. Selain itu, vitamin D pula dapat mencegah terjadinya inflamasi pada usus. Makanan yang banyak mengandung vitamin D diantaranya ialah ikan, susu, hati ayam & kuning telur.

Vitamin A

Vitamin A sangat berperan dalam memperbaiki penglihatan , tulang , meningkatkan system imun tubuh juga menjaga kesehatan reproduksi. Walaupun tak secara langsung berperan dalam kesehatan pencernaan, tetapi kekurangan vitamin A ini mampu memperparah radikal bebas dalam usus yang dapat berakibat buruk terhadap system pencernaan.

Itulah informasi mengenai vitamin yang penting untuk kesehatan pencernaan. Vitamin-vitamin tersebut bisa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi seperti gandum, kacang-kacangan, makanan laut, telur, susu, produk susu , hati, ikan salmon dan tuna , sayuran hijau, buah jeruk dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *