Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

By | 8th June 2015

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan,- Sistem pencernaan mengurai makanan yang kita makan menjadi komponen sederhana kemudian menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh dan membuang sisa olahan makanan yang tidak diperlukan. Menjaga sistem pencernaan yang sehat sangat penting sebab gangguan pencernaan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

1.Hindari kebiasaan buruk.

Hindari kebiasaan buruk seperti minum minuman yang beralkohol, merokok. Sebab mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki dampak yang sangat untuk kesehatan, dapat menyebabkan mulas, pendarahan gastrointestinal, malnutrisi dan penurunan berat badan. Sedangkan merokok merupakan penyebab munculnya berbagai masalah penyakit termasuk masalah pencernaan  seperti tukak lambung, dan juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Crohn dan batu empedu.

2.Olahraga dengan teratur

Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan mulai dari menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang & menjaga kesehatan pencernaan. Penelitian telah menunjukan bahwa olahraga dengan teratur dapat membantu seseorang untuk menghindari gejala sindrom iritasi usus, sakit perut , sembelit, diare , kembung & masalah pencernaan lainnya.

3.Hindari makanan berlemak

Penelitian elah menunjukan bahwa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak terutama yang mengandung lemak trans, memiliki risiko lebih besar mengembangkan polip usus dan kanker kolorektal. Selain itu, makanan berlemak juga dapat memicu naiknya kadar kolesterol yang menjadi penyebab munculnya banyak penelitian.

4.Cukupi kebutuhan serat

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa orang yang memenuhi kebutuhan serat hariannya dapat mengurangi risiko terkena wasir, penyakit diverkular & sembelit. Selain itu , dapat menormalkan buang air besar sekaligus mengurangi risiko kanker kolorektal.

Serat mudah diperoleh dari makanan, dan makanan yang mengandung serat ialah sayuran, oatmeal, kacang-kacangan, pepaya, pisang dan sebagainya.

5.Cukup asupan cairan

Kurangnya mengkonsumsi air merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Sembelit ketidak seimbangan dalam bakteri, yang berakibat peradangan pada lapisan usus dan bahkan dapat menyebabkan penyerapan molekul yang lebih besar, kondisi yang dikenal sebagai permeabilitas usus.

6.Cukupi kebutuhan protein

Selain cukupi kebutuhan serat, cukupi juga kebutuhan protein. Karena memenuhi kebutuhan protein dengan cukup dan tidak berlebihan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan anda, terutama protein dari jenis tumbuh-tumbuhan atau yang dikenal dengan protein nabati. Protein dapat diperoleh dari 2 sumber yaitu protein hewani (daging sapi, ayam dan ikan) dan protein nabati (kedelai, sayur dan jenis kacang-kacangan).

7.Hindari stres

Mengontrol emosional merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Stres dapat mempengaruhi cara kerja sistem pencernaan anda. Hal tersebut juga tergantung apda bagaimana tubuh seseorang tersebut beraksi, stres juga dapat menyebabkan saluran makanan melalui sistem pencernaan menajdi lebih cepat atau melambat yang berakibat pada munculnya beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare.

8.Menjaga kestabilan berat badan

Penelitian telah menunjukan bajwa seseorng yang memiliki kelebihan berat badanmemiliki risiko lebih besar menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau yang lebih dikenal dengan reflux asam. Selain itu juga, orang dengan kelebihan berat badan dapat meingkatkan risiko beberapa penyakit seperti kanker pankreas, batu empedu, kanker usus dan sirosis  atau kanker hati.

9.Menjaga kebersihan makanan

Sebelum mengolah makanan sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan yang akan anda olah dan masak makanan hngga benar-benar matang supaya bakteri yang terdapat pada bahan makanan mati. Perlu anda ketahui bahwa makanan yang kotor mengandung bakteri & virus tang dapat mengancam kesehatan anda.

10.Kunyah makanan dengan baik

Mengunyah makanna perlahan juga dapat membantu pencernaan sebab berguna dalam meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah, sehingga nutrisi & vitamin yang keluar dan bercampur dengan saliva dapat membantu tubuh mendapatkan energi tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *