Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi Secara Alami

By | 12th May 2017

Sembelit tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga bisa terjadi pada anak bahkan juga bayi. Tidak seperti orang dewasa, bila orang dewasa mengalami sembelit maka bisa diatasi dengan obat-obatan, baik obat dari resep dokter maupun obat sembelit alami dari tumbuhan. Berbeda dengan bayi, bila bayi sembelit tidak begitu mengandalkan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi sembelit.

Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi Secara Alami

Gejala sembelit pada orang dewasa dan pada bayi sama, yaitu sulit buang air besar, tidak nafsu makan, tinja lebih keras. Yang membedakannya adalah jika bayi mengalami sembelit biasanya bayi sering menangis karena tidak nyaman dengan kondisi yang dialaminya.

Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi Secara Alami

Mengurangi kekentalan susu formula

Tips mengatasi sembelit pada bayi adalah dengan mengurangi kekentalan susu formula. Karena bayi yang terbiasa mengonsumsi susu formula lebih rentan terkena sembelit, terlebih susu formula yang anda berikan kental. Oleh karena itu kurangi kekentalan susu formula ketika buah hati anda mengalami sembelit.

Jangan berikan makanan padat pada bayi

Bayi yang sudah diberikan makanan padat juga akan lebih rentan terkena sembelit. Hal ini sangat wajar, terutama untuk bayi yang sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI. Akan tetapi, dikarenakan bayi masih memiliki sistem pencernaan yang berkembang. Saat belum bisa makan makanan padat maka bagian usus bayi sama sekali tidak bisa mencerna dengan baik. Alangkah baiknya untuk sementara jangan berikan buah hati anda makanan padat.

Memberikan ASI lebih sering pada bayi

Tips mengatasi sembelit pada bayi secara alami adalah dengan memberikan ASI lebih sering pada bayi. Karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang mudah dicerna oleh usus bayi sehingga ini akan mendorong bayi dari sembelit.

Berikan bayi makanan yang mengandung serat

Bila buah hati anda sudah mulai menerima makanan padat dan juga mempunyai sistem pencernaan, maka cukupi makanan yang mengandung serat pada bayi anda. Makanan yang mengandung serat diantaranya beras merah, wortel, brokoli, jeruk, dan sebagainya.

Pijat perut bayi

Saat buah hati anda mengalami sembelit, pijat perut buah hati anda. Caranya ialah dengan membuat pijatan menggunakan 3 jari utama anda, kemudian tekan lembut di bagian bawah pusar, kiri bawah pusar dan lakukan gerakan memutar dari atas ke bawah. Ingat pijat perut buah hati anda dengan lembut jangan terlalu kasar. Jika anda memerlukan minyak telon untuk menghangatkan perut buah hati anda, maka gunakan minyak telon saat di pijat perutnya.

Bawang merah

Cara mengatasi sembelit pada bayi secara alami adalah dengan menggunakan bawang merah. Caranya hancurkan bawang merah yang telah dikupas. Terapkan pada telapak tangan, dan usapkan pada perut buah hati anda yang terkena sembelit. Sesudah itu, usap perut bayi dengan handuk yang telah direndam dalam air hangat.

Itulah cara mengatasi sembelit pada bayi, semoga bisa membantu buah hati anda yang mengalami sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *