Terasa Panas Di Perut? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

By | 9th March 2018

Perut terasa panas adalah gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Oleh karena itu ketahui penyebab panas di perut. Karena banyak faktor pemicu munculnya perut panas.

Gejala perut panas adalah perut terasa penuh dan kembung, nyeri perut bagian bawah sehingga membuat penderita menjadi tidak nyaman.

Terasa Panas Di Perut? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Penyebab Panas Di Perut

Pola makan yang tidak sehat

Penyebab panas di perut adalah pola makan tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan yang berbumbu tajam dan makanan pedas. Karena bila mengkonsumsi makanan pedas dan lemak jenuh secara berlebihan dapat merusak jaringan perut menjadi panas dan nyeri.

Minum minuman beralkohol

Selain pola makan tidak sehat, kebiasaan minum alkohol juga menjadi penyebab panas di perut. Hal ini dikarenakan organ pencernaan menderita iritasi karena efek panasnya. Saat organ pencernaan teriritasi maka akan terjadi suhu yang tinggi di dalam jaringan lambung sampai seseorang merasa perutnya menjadi panas.

Kebiasaan minum berkafein

Penyebab panas di perut juda dapat disebabkan karena kebiasaan minum berkafein seperti kopi. Ampas kopi yang masuk pada jaringan pencernaan akan mengalami penumpukan dan sensasi panas yang dapat memicu nyeri yang berkelanjutan.

Makanan pedas

Suka mengkonsumsi makanan pedas? jangan berlebihan mengkonsumsi jenis makanan ini karena dapat mengiritasi organ pencernaan dan menyebabkan perut menjadi panas dan nyeri.

Kebiasaan minum minuman bersoda

Berbagai faktor pemicu panas di perut adalah kebiasaan minum minuman bersoda. Selain panas, perut juga akan terasa begah. Sebab minum bersoda mengandung gas dan rasa manis buatan yang mampu membuat iritasi pada dinding lambung, usus dna sistem pencernaan. Akibatnya perut pun akan terasa nyeri dan panas.

Selain itu, panas di perut juga bisa menjadi gejala penyakit pencernaan. Dan beberapa penyakit pencernaan tersebut diantaranya dispepsia, GERD dan gastritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *