Susah BAB? Lakukan Cara Alami Dibawah Ini

By | 4th October 2017

Mengatasi susah BAB atau buang air besar tidak harus mengkonsumsi obat, bisa juga diatasi dengan cara alami. Dan cara alami mengatasi susah BAB berikut ini bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang mencari pengobatan alami untuk susah BAB.

Susah BAB? Lakukan Cara Alami Dibawah Ini

Cara alami Mengatasi Susah BAB

Banyak minum air putih

Cara mengatasi susah BAB secara alami adalah dengan minum air putih. Mulailah minum air putih setiap bangun dan akan tidur. Sebab ini akan membantu melancarkan pencernaan anda.

Konsumsi sayuran hijau

Susah BAB? atasi dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan serat seperti sayuran hijau. Sehingga melancarkan BAB tidak perlu mengkonsumsi obat, selagi bisa di atasi dengan cara alami tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan secara alami.

Konsumsi buah-buahan yang mengandung serat

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, atasi susah bab juga bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat. Ada beberapa buah yang anjurkan untuk dikonsumsi penderita susah BAB yaitu pepaya, alpukat, jambu dan mangga.

Konsumsi yogurt

Yogurt adalah olahan dari susu ataupun kacang kedelai lewat tahap fermentasi bakteri. Bahan ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam diantaranya kalium, fosfor, riboflavin, seng, yodium dan vitamin. Bakteri pada yogurt bisa membantu memberikan keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga sangat bagus untuk membantu proses pencernaan.

Memanfaat bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi susah BAB diantaranya:

  • Lidah buaya. Caranya kupas daun lidah buaya, cuci terlebih dahulu, potong bebentuk kotak-kotak. Seduh dengan menggunakan air panas. Tambahkan madu secukupnya. Aduklah hingga merata dan konsumsilah ramuan ini 2 kali sehari di pagi dan petang.
  • Akar bunga matahari. Caranya sediakan akar bunga matahari 15-30 gr, cuci dahulu dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah direbus, saring dan minum air rebusannya.
  • Temulawak. Cara alami mengatasi susah BAB juga bisa dengan akar rimpang temulawak. Caranya cuci terlebih dahulu bahannya, kemudian potong-potong dengan tipis dna keringkan akar temulawak tersebut dengan cara di angin-anginkan. Kemudian seduh akar rimang temulawak tersebut dnegan beberapa gelas air hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum air rebusannya.
  • Mengkudu. Dibalik rasanya yang pahit, ternyata mengkudu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan yaitu mengatasi susah BAB. Oleh karena itu, bagi anda yang susah BAB anda bisa menggunakan mengkudu. Berikut cara pengolahannya: cuci dahulu mengkudu, parut dan beri sedikit garam. Aduk sampai merata dan peras parutan tersebut dan minum air perasannya.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi susah BAB. Bila dengan cara alami tersebut anda masih susah BAB, maka segera periksakan diri anda pada pihak medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *