Ramuan Obat Gangguan Pencernaan Alami

By | 25th March 2017

Gangguan pencernaan adalah salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami anak-anak hingga orang dewasa. Mengobati gangguan pencernaan bisa dengan obat-obatan resep dokter dan bisa juga dengan memanfaatkan ramuan jahe, jintan, daun basil. Bahkan masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat gangguan pencernaan alami.

Ramuan Obat Gangguan Pencernaan Alami

Ramuan Obat Gangguan Pencernaan Alami

Cara alami mengobati gangguan pencernaan diantaranya banyak minum air putih, konsumsi makanan yang berserat, olahraga, makan dengan perlahan, batasi dan hindari makanan yang manis ketika gangguan pencernaan, hindari stress. Selain itu, cara lainnya mengobati gangguan pencernaan secara alami adalah dengan mengkonsumsi ramuan alami diantaranya:

Biji adas

Salah satu faktor yang menjadi penyebab gangguan pencernaan adalah faktor makanan yaitu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan makanan yang pedas. Namun gak perlu khawatir, karena gangguan pencernaan dapat diobati ramuan biji adas.

Cara membuat ramuan biji adas yaitu panggang sampai kering biji adas, giling dan saring. Ambil setengah sendok teh bubuk adas bersama dengan air. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Jahe

Jahe adalah salah satu obat gangguan pencernaan tradisional. Cara mengolah jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan yaitu parut jahe, saring dan ambil airnya. masuk 2 sendok teh air jahe ke dalam satu gelas air hangat, tambahkan satu sendok teh madu, aduk hingga rata. Kemudian minum air jahe.

Jintan

Cara mengobati gangguan pencernaan secara alami adalah dengan ramuan jintan. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu panggang biji jintan, giling dan saring. Ambil 1 sendok teh bubuk biji jintan dan masukan dalam segelas air hangat, aduk hingga rata dan minum.

Ketumbar

Ketumbar adalah salah rempah-rempah yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Cara mengolah ketumbar sangat mudah yaitu panggang biji ketumbar, giling dan saring. Masukan 1 sendok teh bubuk biji ketumbar ke dalam segelas buttermilk dan minum 1-2 kali sehari.

Daun basil

Mengobati gangguan pencernaan secara alami juga bisa menggunakan ramuan daun basil. Caranya tambahkan satu sendok teh daun basil ke dalam segelas air panas dan biarkan terendam sekitar 10 menit. Minum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing 1 segelas.

Kayu manis

Kayu manis sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Namun, mungkin khasiat kayu manis yang dapat dijadikan obat tradisional tidak banyak diketahui orang. Padahal salah satu manfaat kayu manis adalah bisa dijadikan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Minum secangkir teh kayu manis ketika anda mengalami gangguan pencernaan.

Jadi obat gangguan pencernaan alami ini bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati gangguan pencernaan secara alami. Bila anda sedang mengalami gangguan pencernaan sebaiknya coba melakukan pengobatan di rumah dengan menggunakan ramua alami yang telah dijelaskan diatas. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *