Penyebab Perut Terasa Penuh Yang Mesti Anda Ketahui

By | 8th November 2016

Apakah anda pernah menderita sebuah kondisi di mana perut terasa penuh tetapi belum makan sama sekali, tentu sangat tak menyenangkan apabila anda mengalami hal tersebut sebab membuat anda tak nyaman. Perut pula dapat tampak seperti membesar yang terkadang disertai bersendawa dan buang angin secara terus menerus. Penyebab perut terasa penuh bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya karena pola makan yang tak tepat, minum minuman yang tak sehat dan dapat pula karena gangguan kesehatan tertentu.

Penyebab Perut Terasa Penuh Yang Mesti Anda Ketahui

Penyebab Perut Terasa Penuh

Sindrom iritasi usus besar

Gangguan pada usus besar ini disebut juga dengan IBS atau sindrom irritable bowel syndrome. Penyebab iritasi usus besar belum diketahui secara pasti, namun sejumlah ahli memperkirakan bahwa keadaan ini terjadi karena otot usus yang sensitivitasnya tinggi. Pergerakan usus juga diketahui tidak begitu normal.

Salah satu gejala sindrom iritasi usus besar yaitu perut kembung dan terasa penuh. Gejala yang lain yaitu tinja ke luar dengan lendir, sembelit, diare, perut terasa sakit.

Tukak lambung

Tukak lambung ialah sebuah keadaan luka di dinding lambung. Faktor pemicu tukang lambung ialah asam lambung meningkat, selaput pelindung lambung mengalami penipisan, infeksi bakteri dan mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid.

Penyakit asam lambung

Penyebab penyakit asam lambung yakni karena lingkaran otot yang ada di bawah esofagus tidak berfungsi dengan baik, otomatis kala makanan masuk ke dalam pencernaan, hal tersebut tetap terbuka maka asam lambung dapat naik dengan mudah. Terlebih naiknya asam lambung kerap hingga pada kerongkongan atau esofagus.

Penderita penyakit asam lambung biasanya mengalami gejala sensasi panas atau rasa terbakar pada dada, nyeri ulu hati, perut terasa penuh dan merasa tak nyaman di kerongkongan pula bagian mulut maka penderita mengalami kesulitan dikala menelan makanan.

Penyakit celiac

Penyakit celiac yaitu sebuah keadaan di mana terjadinya reaksi negatif apda pencernaan ketika konsumsi gluten. faktor resiko penyakit celiac diantaranya riwayat keluarga dengan penyakit celiac, pernah terkena infeksi system pencernaan dan adanya keadaan kesehatan tertentu seperti menderita gangguan saraf, down syndrome, penyakit autoimun.

Gejalanya yakni perut terasa penuh, nyeri perut, mati rasa sebab kerusakan system saraf, nyeri di ulu hati, keseimbangan tubuh terganggu dan frekuensi buang air besar, warna feses dan bentuknya mengalami perubahan.

Penyakit crohn

Penyakit crohn yakni suatu peradangan usus yang mampu terjadi secara jangka panjang yang mampu menyerang lapisan dinding system pencernaan secara menyeluruh. Faktor risiko penyakit crohn diantaranya infeksi, faktor umur, genetik dan gangguan system daya tahan tubuh.

Gejala penyakit corhn diantaranya perut terasa penuh dan kembung, perut terasa sakit, feses keluar dengan darah dan lendir dan diare.

Batu empedu

Batu empedu yaitu suatu kondisi di mana cairan yang ada pada kantong empedu yang berfungsi mendukung pencernaan lemak mengeras. Itulah yang akan kemudian disebut batu empedu dengan ukuran dan jumlah yang berbeda-beda. Gejalanya diantaranya gatal-gatal di permukaan kulit, sakit kuning atau hepatitis dan sakit perut yang menyertai perut terasa penuh.

Pankreatitis

Pankreatitis yakni peradangan di bagian dalam prankeas. Namun, Pankreatitis tidaklah sama dengan pankreatitis kronis. Untuk stadium akut, radang yang di alami dapat begitu sebentar, sebaliknya ini dapat berlangsung menahun pada masalah kronis.

Pankreatitis bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adanya pasir empedu yang tersumbat,kebaisaan minum minuman alkohol. Meskipun gejalanya diantaranya nyeri pada perut, bagian putih mata dan kulit berubah jadi warna kuning, perut terasa penuh, perut sakit dan dapat membengkak.

Demikian informasi mengenai penyebab perut terasa penuh. Untuk memastikan penyebab kenapa anda mengalami perut terasa penuh, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *