Penyebab Dan Gejala Perut Kembung

By | 16th January 2016

Penyebab Dan Gejala Perut Kembung,- Salah satu gangguan pada perut yakni perut kembung. Perut kembung ialah satu buah keadaan kurang nyaman di mana perut atau abdomen terasa penuh & sesak. Perut anda mungkin kelihatan membesar atau tambah buncit. Perut kembung dapat membuat penderitanya merasa gelisah & terasa ingin buang angin.

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, contohnya karena maag, masuk angin atau adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dimakan, maka merangsang produksi gas di dalam usus.

Kembung pun dapat disebabkan lantaran kesukaran pencernaan lain seperti iritasi atau infeksi usus atau sembelit. Beberapa makanan pun dapat menyebabkan timbulnya gas berlebihan seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol & kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi , minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol pula fruktosa.

Makanan tersebut dapat menyebabkan gas berlebih dikarenakan tak bisa dipecah oleh enzim pencernaan didalam usus kecil maka kala mencapai usus besar yang mencerna merupakan bakteri. Proses ini dapat menghasilkan lebih banyak gas di bandingkan proses pencernaan yang terkadi di usus kecil.

Kelebihan gas didalam usus & berdiam di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal semestinya gas-gas ini dikeluarkan maka tak menumpuk di perut, orang-orang kebanyakan dapat berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam badan dengan cara buang angin atau bersendawa.

Penyebab perut kembuh yang yang lain yakni kurang laktase. Kala anda tak mendapatkan laktase dalam jumlah yang lumayan sehingga tubuh serta dapat memproduksi gas. Proses ini terjadi dalam usus kecil. Usus mungil membutuhkan laktase untuk memecah laktosa. Bila laktosa dalam usus tak bisa dipecah sehingga bakteri dapat membuat fermentasi kepada gula. Factor inilah yang bakal membuat perut kembung.

Selain itu, keadaan lingkungan yang dingin & kala perjalanan atau berdiam pada suatu ruangan tertentu yang suhunya lebih rendah dari keadaan cuaca normal serta mampu mengakibatkan perut kembung. Karena cuaca yang dingin bakal menjadikan perlambatan gerak mekanis yang terdapat pada usus maka mengakibatkan gas terkonsentrasi di saluran pencernaan atau lambung.

Gejala perut kembung

  • Buang angin yang berlebihan
  • Distensi perut
  • Kentut bau busuk
  • Rasa gerah pada perut
  • Nyeri perut
  • Perut kembung terus-menerus & ada rasa sakit yang berputar kepada perut bisa jadi tanda kesehatan serius
  • Perut kembung disertai diare atau sembelit parah pun bisa jadi tanda kesehatan serius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *