Pantangan Makanan Penderita Gangguan Pencernaan

By | 12th June 2015

Pantangan Makanan Penderita Gangguan Pencernaan

1.Makanan yang di goreng

Makanan yang di goreng bisa beresiko memicu terjadinya diare. Apalagi makanan yang digoreng dan kaya akan lemak. Oleh sebab itu, anda dapat menyiasatinya dengan memiliki makanan yang di panggang atau di kukus dan disertai dengan tambahan buah-buahan & sayuran.

2.Makanan berserat

Makanan yang tinggi akan serat memang baik untuk pencernaan. namun , bila mengkonsumsi terlalu banyak makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, sayuran justru dapat membuat anda mengalami gangguan pencernaan. Sistem pencernaan akan kesulitan untuk menyesuaikan diri sehingga mengakibatkan gas dan kembung. Bila ingin memasukan kandungan berserat dalam tubuh, maka lakukanlah secara bertahap dan secukupnya.

3.Makanan yang mengandung fruktosa

Sebagian orang memang sulit mencerna makanan manis dengan fruktosa seperti soda, permen, jus buah atau pastry. Selain itu, makanan tersebut bisa menyebabkan diare , perut kembung, kram & gangguan pencernaan lainnya.

4.Makanan pedas

Makanan pedas memang dapat membuat anda menjadi lebih bersemangat makan. Namun beberapa orang justru gangguan pencernaan dan juga heartburn setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut. Penelitian menunjukan bahwa makanan yang berbahan dasar merica dapat memicu terjadinya heartburn.

5.Susu

Lactose intolerant merupakan masalah yang kerapkali timbul ketika seseorang mengkonsumsi susu. Namun, tidak semua orang mengalami masalah  tersebut. Selain itu, susu juga bisa memicu terjadinya diare, perut kembung & permasalahan usus. Kondisi tersebut muncul akibat kurangnya enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya. Maka dari itu, hindari batasi mengkonsumsi sisi atau menggantinya dengan susu kedelai.

Itulah beberapa pantangan makanan penderita gangguan pencernaan, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Oleh karena itu batasi atau hindari konsumsi makanan tersebut , bila sedang mengalami gangguan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *