Obat Sembelit Alami Dari Tumbuhan Yang Manjur Dan Efektif

By | 17th March 2017

Sembelit atau disebut juga dengan konstipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan maka sulit untuk dikeluarkan. Penderita baisanya mengalami nyeri yang hebat ketika mengeluarkannya (BAB). Sembelit bila terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka bisa mengakibatkan kanker usus. Pengobatan pada penderita sembelit bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan resep dokter atau bisa juga mengkonsumsi obat sembelit alami dari tumbuhan.

Obat Sembelit Alami Dari Tumbuhan Yang Manjur Dan Efektif

Bila anda mengelami sembelit sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan minum air putih yang banyak. Karena minum air putih yang banyak bermanfaat dalam proses metabolasi dalam tubuh dan membantu proses pencernaan dalam tubuh dan membantu mengurangi sembelit. Sedangkan cara mencegah sembelit adalah hindari kebiasaan menahan BAB, jangan duduk terlalu lama, konsumsi makanan yang tinggi serat dan makan teratur.

Sembelit tidak hanya rentan dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga rentan dialami oleh balita atan anak-anak. Cara alami mengatasi sembelit pada balita diantaranya berikan si kecil bubur nasi merah yang dicampur dengan wortel, berikan si kecil buah pepaya, dan beri ia ASI secara konsisten.

Obat Sembelit Alami Dari Tumbuhan Yang Manjur Dan Efektif

Temulawak

Salah satu rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai obat sembelit alami adalah temulawak. Hal ini dikarenakan temulawak mempunyai zat antiperadangan yang bisa memusnahkan bakteri di dalam tubuh.

Cara mengolah temulawak untuk penderita sembelit:

  1. Sediakan temulawak, cuci dengan air bersih.
  2. Potong temulawak menjadi beberapa bagian
  3. Gepengkan atau geprek, lalu haluskan dengan menggunakan ulekan cobek hingga benar-benar halus.
  4. Seduh dengan menggunakan air hingga mendidih
  5. Campurkan gula aren yang telah dihaluskan
  6. Saring dan minum ramuan ini 3 kali seminggu.

Mengkudu

Manfaat mengkudu bagi kesehatan sudah diketahui masyarakat indonesia. Mengkudu juga bermanfaat dapat membantu mengatasi sembelit.

Cara mengolah mengkudu untuk mengatasi sembelit adalah sediakan mengkudu yang telah tua yaitu berwarna kekuningan terlebih dahulu, Buang kulitnya, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih yang hangat. Supaya getahnya hilang, rendam dahulu beberapa saat di air garam, lalu potong jadi beberapa bagian, blender. Tambahkan madu dan air perasang jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata. Konsumsi ramuan alami dari mengkudu 1 kali sehari.

Daun ketepeng china

Mungkin daun ketepeng china teras asing bagi sebagian masyarakat indonesia. Namun, tumbuhan yang satu ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit termasuk sembelit. Sehingga daun ketepeng china juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sembelit tradisional. Dikarenakan daun ketepeng china memiliki sifat yang menenangkan, menghangatkan dan meredakan peradangan. Sehingga bermanfaat untuk mengurangi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Cara mengolah daun ketepeng china sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu beberapa daun ketepeng china, cuci dengan air yang bersih, rebus dengan menggunakan 2 gelas air, rebuslah sampai mendidih sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan daun ketepeng china.

Daun wungu tua

Sama seperti daun ketepeng china, daun wungu tua mungkin terasa asing ketika mendengar nama tumbuhan yang satu ini bagi sebagian masyarakat indonesia. Padahal tumbuhan yang satu ini dapat dijadikan sebagai obat sembelit yang alami. Hal ini dikarenakan daun wungu tua memiliki kandung senyawa glikosad, alkaloid, treroid, saponin dan zat tanin yang tinggi. Kandungan-kandungan ini bermanfaat dapat membantu melancarkan buang air besar atau bisa menjadi sebagai obat pencahar alami yang aman untuk penderita sembelit.

Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu beberapa daun wungu tua, rebus hingga mendidih dengan menggunakan beberapa gelas air, diamkan hingga dingin, setelah itu saring dan minum airnya.

Daun kaca beling

Daun-daunan lainnya yang memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit adalah daun kaca beling. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu beberapa daun kaca beling, cuci sampai bersih, rebus sampai mendidih dengan menggunakan air, diamkan sampai dingin, setela dingin, saring dan minum air rebusannya 1 kali sehari dipagi hari.

Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, tapi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan usus serta lambung dan melancarkan pencernaan.

Cara membuat ramuan lidah buaya untuk mengatasi sembelit sangat mudah yaitu buang kulit lidah buaya, ambil dagingnya, haluskan dengan menggunakan blender, saring. Tambahkan madu secukupnya.

Daun muda pepaya

Daun pepaya biasanya sering dijadikan sebagai lalapan. Namun daun muda pepaya juga bisa di manfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk sembelit.

Untuk mengatasi masalah sembelit, cara mengolah daun muda pepaya ini sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu beberapa daun muda pepaya, rebus hingga mendidih dengan menggunakan air, diamkan air rebusannya sampai dingin, saring dan minum air rebusannya 2 hari sekali atau seminggu 3 kali.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat sembelit alami. Bila anda sedang mengalami sembelit, anda bisa mencoba mengolah salah satu bahan alami tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *