Mengenal Penyebab Sembelit Dan Cara Mencegahnya

By | 13th April 2017

Sembelit adalah kondisi yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dimana sistemnya sedang tidak lancar. Kemudian akan ada pengerasan tinja maka pada proses buang air besar akan sulit dikeluarkan dan memicu rasa nyeri pada penderita. Walaupun sembelit adalah sebuah kesehatan yang umumu terjadi, tapi tetap penyebab sembelit sangat penting untuk diketahui.

Mengenal Penyebab Sembelit Dan Cara Mencegahnya

Pengobatan pada penderita sembelit bisa dengan cara alami yaitu dengan bahan alami yang mudah didapat seperti daun muda pepaya, lidah buaya, mengkudu, temulawak dan masih banyak lagi bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat sembelit alami.

Penyebab Sembelit Yang Harus Diketahui

Kurang minum air putih

Kelancaran buang air besar sangat bergantung dari banyaknya asupan cairan yang masuk dalam tubuh. Jika setiap harinya kurang minum air putih maka bisa berbahaya bagi kesehatan salah satunya sembelit atau susah buang air besar. Bahkan kurangnya asupan cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan obstipasi yaitu sebuah kondisi sembelit yang cukup hebat dan bisa menjadi lebih buruk dan feses jauh lebih keras dan sukar dikeluarkan.

Kurang olahraga

Bahaya kurang olahraga bagi kesehatan adalah mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Berbeda dengan orang yang aktif bergerak danĀ  rajin olahraga, fleksibilitas usus pada tingkat yang baik sehingga akan terhindar dari sembelit.

Kurang serat

Penyebab seseorang sering sembelit adalah kurang bahkan jarang mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat. Padahal serat sangat penting bagi tubuh dan bisa didapat langsung dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayu-sayuran.

Kelebihan serat

Sama halnya dengan kekurangan serat, kelebihan serat juga tidak baik bagi sistem pencernaan. Oleh karena itu jaga keseimbangan asupan serat agar tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan serat.

Sering menahan buang air besar (BAB)

Terlalu sering menahan BAB bisa menyebabkan sembelit yang cukup buruk. Oleh karena saat anda ingin BAB, segera lakukan BAB jangan menahannya.

Hormon yang tidak stabil

Wanita cenderung mengalami hormon yang tidak stabil, seperti pada saat menstruasi maupun hamil. Sehingga wanita yang sedang menstruasi dan wanita yang sedang hamil rentan terkena sembelit.

Pengaruh obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan seperti obat anti-diare, antasida dan analgesik bisa memicu sembelit. Karena obat-obatan tersebut mengandung banyak aluminium dan kalsium yang bisa memicu tekstur feses menjadi keras.

Sering mengonsumsi obat pencahar

Obat pencahar bermanfaat untuk melancarkan gerakan peristaltik pada usus. Bila terlalu sering mengkonsumsi obat tersebut, maka usus akan menjadi ketergantungan dengan jenis oba tersebut. Akibatnya reaksi usus menjadi lamban dan bisa mengakibatkan gerakan peristaltik alami pada usus terganggu.

Cara Mencegah Sembelit

  • Banyak minum air putih
  • Cukupi asupan serat. Serat bisa ditemukan pada makanan.
  • Minum jus buah asli tanpa ada campuran air maupun gula
  • Rajin olahraga
  • Biasakan buang air besar secara teratur dan jangan menahan BAB.

Itulah penyebab dan cara mencegah sembelit yang harus diketahui. Semoga beberapa cara pencegahan tersebut bisa membantu anda agar terhindar dari sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *