Mengenal Penyebab Gejala Dan Pencegahan Tukak Lambung

By | 22nd June 2017

Tukak lambung ialah kuka pada dinding lambung akibat lapisan dinding lambung yang terkikis. Tukak lambung bisa menyebabkan rasa nyeri pada lambung bahkan dalam kasus yang parah bisa mengalami perdarahan.

Mengenal Penyebab Gejala Dan Pencegahan Tukak Lambung

Penyebab Tukak Lambung

Tukak lambung dapat disebabkan oleh infeksi akibat bakteri H.pylori. Sedangkan faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena tukak lambung adalah minum minuman beralkohol, kebiasaan merokok, dan stres.

Banyak orang yang menganggap bahwa stres dan mengkonsumsi makanan yang pedas menjadi penyebab tukak lambung. padahal hal itu tidak benar, karena  mengkonsumsi makanan yang pedas dan kondisi stres dapat memperparah gejala dari tukak lambung.

Gejala Tukak Lambung

Gejala tukak lambung yaitu rasa perih atau nyeri di bagian perut. Rasa nyeri yang muncuk tersebut disebabkan karena adanya iritasi yang terjadi akibat asam lambung yang membasahi luka. Rasa nyeri juga muncul terutama di malam hari, bahkan rasa nyeri tersebut dapat menyebar dari leher , pusar sampai ke punggung. Rasa nyeri bisa berkurang saat mengkonsumsi obat penurun asam lambung.

Gejala tukak lambung lainnya yaitu mual, nyeri dibagian ulu hati, menurunnya nafsu makan dan gangguan pencernaan. Ketika anda mengalami gejala tukak lambung, sebaiknya istirahat.

Terkadang tukak lambung tidak menimbulkan adanya gejala tertentu sehingga terjadi komplikasi. Bila mengalami muntah darah, tinja berwarna hitam disertai dengan darah, maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara Mencegah Tukak Lambung

Ada beberapa cara untuk mencegah kondisi tukak lambung supaya tidak menjadi parah diantaranya:

  • Hindari makanan yang pedas
  • Hindari makanan yang berlemak
  • Makan dengan prosi kecil namun sering
  • Kurangi mengkonsumsi kopi dan teh
  • Bagi anda penderita tukak lambung suka mengkonsumsi minuman keras, maka sebaiknya berhenti kebiasaan buruk tersebut. Karena kandungan minuman keras dapat menyebabkan terjadinya iritasi di bagian lambung yang sedang meradang.

Itulah informasi tentang penyebab gejala dan pencegahan tukak lambung. Dan untuk pengobatan tukak lambung bisa secara medis dan bisa juga secara alami. Bagi anda yang memilih pengobatan secara alami untuk mengatasi tukak lambung, silahkan kunjungi artikel obat tukak lambung alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *