Manfaat Melon Bagi Kesehatan

By | 27th May 2015

Manfaat Melon Bagi Kesehatan,- Buah melon adalah buah yang memiliki warna hijau kekuningan. Buah ini masih keluarga dengan blewah dan labu. Rasanya yang manis segar kerap menjadi pilihan banyak orang untuk menjadikannya sebagai jus atau buah penutup di atas meja makan. Buah melon berasal dari timur tengah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan , termasuk kesehatan pencernaan. Kandungan yang terdapat pada pada buah melon diantaranya vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak.

manfaat buah melon bagi kesehatan pencernaan

Manfaat Melon Bagi Kesehatan

1.Sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat dalam buah melon berasal dari gula dan serat yang tanpa unsur pati, dimana dua pertiganya ialah fruktosa dan glukosa, yaitu monosakarida yang telah cukup kecil dan dapat langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui proses pencernaan. Sementara sisa sepertiganya ialah sukrosa yang memang perlu dicerna dulu sebelum diserap tubuh. Enzim sakrase akan memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa sebelum diserap tubuh. 10% dari karbohidrat yang terdapat dalam buah melon yaitu serat makanan. Serat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun memberikan manfaat kesehatan bagi organ pencernaan serta dapat mencegah terjadinya sembelit.

2.Buah melon kaya akan vitamin A

Vitamin A pada melon sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang & merawat kesehatan tulang. Buah melon juga mengandung beta karoten yang baik sekali untuk mempertajam & menjaga kesehatan mata. Supaya lebih maksimal dalam menjaga kesehatan tulang, anda bisa menjadikan melon sebagai jus yang dicampur dengan susu yang kaya dengan vitamin D.

3.Sumber likopen

Buah melon merupakan buah yang kaya dengan likopen. Tidak jarang banyak orang yang mengatakan bila buah melon ini ialah sumber likopen yang baik. Likopen ialah senyawa aktif yang fungsinya membunuh sel-sel jahat penyebab kanker. Selain itu dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

4.Buah melon kaya akan kandungan kolagen

Melon ternyata mengandung kolagen yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit. Kolagen ialah senyawa protein yang membantu proses regenerasi kulit & mempercepat pelepasan sel kulit mati dari dalam wajah anda. Selain itu, kandungan kolagen yang terkadung pada buah melon juga dapat menjadikan kulit anda tampak lembab, halus & kencang.

5.Melancarkan pencernaan

Buah melon tidak hanya kaya akan vitamin. Biuah melon juga kaya akan serat dan air yang bisa memperlancar pencernaan. Jika anda memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar , anda bisa mengkonsumsi buah melon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *