Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

By | 24th September 2016

Daun Cincau memiliki nama latin Cyclea barbata adalah masih dalam keluarga tanaman Menisoermaceae. Di indonesia tanaman ini telah sangat dikenal diberbagai penjuru daerah yang sering dijadikan sebagai minuman. Daun Cincau memiliki ciri-ciri daun yang khas yakni lebar lembut dan berwarna hijau. Daun cincau memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun cincau memiliki kandungan zat diantaranya karboidrat, alkolin, kardioplegikum, tentradine, dimetil tenradine, polifenol, saponoid, juga flavonoid.

Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Pencegahan osteoporosis

Daun Cincau memiliki kandungan mineral, magnesium, kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Seluruh kandungan tersebut berfungsi untuk regenerasi sel-sel tulang yang telah keropos. Kandungan yang bermanfaat ini, untuk memberi nutrisi tulang dalam pembentukan sel-sel darah yang rusak. Dengan demikian kesehatan tulang tetap terjaga walaupun mencapai usia tua.

Mengatasi diare

Selain daun jambu biji, daun cincau juga dapat mengatasi diare. Hal ini dikarenakan daun cincau memiliki senyawa alkaloid mengandung vitamin A dan vitamin B. Senyawa alkaloid ini berfungsi membantu membunuh kuman penyakit yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

Mengatasi penyakit tipes

Daun Cincau memiliki senyawa tokoferol, mineral, fosfor dan antioksidan yang berfungsi akan meningkatkan system imunitas tubuh bagi penderita tipes. Konsumsi rebusan daun cincau, sebanyak 3 kali sehari.

Mengatasi hipertensi

Daun Cincau juga dapat mengatasi hipertensi. Hal ini dikarenakan daun cincau memiliki kandungan zat S-S tetandrin yang bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah maka darah dapat mengalir lebih lancar. Untuk mengobati hipertensi, daun cincau baik dikonsumsi 3 kali dalam seminggu.

Mengatasi radang lambung

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil buat mengatasi radang lambung yang dialami seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambung. Senyawa tersebut, dapat menguatkan otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada lambung. Untuk mengobati radang lambung, mampu mengonsumsi rebusan daun cincau 2 kali sehari.

Obat diabetes melitus

Daun cincau dapat digunakan sebagai obat diabetes melitus, karena memiliki senyawa bbisbenzilsokuinolin dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Konsumsi rebusan daun cincau sebanyak 200 ml 2 kali sehari.

Mengatasi demam

Daun cincau juga dapat digunakan sebagai obat demam, hal ini dikarenakan daun cincau mengandung saponin dan antioksidan. Minum air rebusan daun cincau sesudah air disaring 2 kali sehari.

Obat antiinflamasi

Daun cincau mengandung zat klorofil, dimana zat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman kepada bagian tertentu. Untuk manfaat ini, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam setelah itu dioles kepada bagian yg sakit 3 kali sehari.

Itulah manfaat daun cincau untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *