Manfaat Dan Khasiat Temulawak Yang Harus Diketahui

By | 5th April 2017

Temulawak adalah salatu rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia. Namun, manfaat dan khasiat temulawak belum diketahui banyak orang. Padahal temulawak juga bisa dijadikan obat tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Temulawak Yang Harus Diketahui

Temulawak memiliki nama latin curcuma xanthorrhiza. Bentuk dan warna tanaman ini mirip dengan kunyit. Temulawak memilikli kandungan senyawa kimia yaitu feladrean, turmerol, minyak atsiri, glukosida, kamfer, kurkuminoid dan foluymetik karbinol. Sehingga khasiat temulawak untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat Dan Khasiat Temulawak Serta Cara Mengolahnya

Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat temulawak bagi kesehatan adalah mengatasi masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki zat yang baik yang dapat merangsang produksi empedu di kandung empedu yang bisa membantu meningkatkan pencernaan. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami masalah pencernaan  seperti gangguan pencernaan, perut kembung dan dispepsia , anda bisa mengkonsumsi ramuan temulawak.

Hepatitis

Ramuan temulawak juga bisa dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit hepatitis. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu 2 jari temulawak, kupas, iris, dan rebus dnegan menggunakan air 1/2 lier. Tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Asma

Penderita asma juga bisa mengkonsumsi ramuan temulawak. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu 1/2 rimpang temulawak, kupas dan iris. Rebus dengan menggunakan 5 gelas air, tambahkan sedikit gula aren. Rebus sampai mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Minum 3 kali sehari.

Penyakit ginjal

Temulawak juga bermanfaat untuk menurangi masalah penyakit ginjal. Cara mengolah temulawak untuk penyakit ginjal yaitu cuci terlebih dahulu temulawak, kupas dan iris-iris. Sediakan juga segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus ketiga bahan tersebut dengan menggunakan air 4 gelas. Rebus sampai mendidih, dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minum air rebusannya 3 kali sehari.

Maag

Tidak hanya kunyit yang memiliki manfaat untuk mengobati penyakit maag. Tapi temulawak juga bermanfaat untuk mengobati penyakit maag. Sehingga anda tidak perlu mengkonsumsi obat maag yang beredar di pasaran, anda bisa mengatasi maag dengan cara alami dengan mengkonsumsi ramuan temulawak.

Cara mengolah temulawak untuk penyakit maag yaitu sediakan 1 rimpang temulawak, cuci hingga bersih, kupas dan iris tipis-tips, rebus dengan menggunakan air 5-7 gelas. Biarkan sampai mendidih. Saring dan minum air rebusannya 1 kali sehari 1 gelas.

Meningkatkan nafsu makan

Bagi yang anda yang memiliki masalah nafsu makan berkurang, anda bisa mengkonsumsi ramuan temulawak. Karena ramuan temulawak ini dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Cara mengolahnya pun sangat mudah yaitu sediakan 2 rimpang temulawak, 1/4 lengkuas, 1/2 genggam daun meniran. Cuci semua bahan, kemudian kupas temulawak. Iris tipis-tips temulawak. Kemudian rebus semua bahan yang telah disediakan tersebut. Rebus hingga mendidih hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusannya 2 kali sehari 1/2 gelas setiap kali minum.

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi konsumsilah ramuan temulawak sesuai yang anjurkan. Jangan berlebihan, karena mengkon ramuan temulawak dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek samping yaitu gangguan lambung dan risiko gangguan empedu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *