Manfaat Dan Khasiat Daun Mint Bagi Kesehatan

By | 2nd May 2017

Daun mint banyak dimanfaatkan untuk campuran di berbagai masakan sebab memiliki aroma dan rasanya yang khas. Di negara eropa daun mint dicampurkan ke berbagai masakan. Bahkan minuman dengan rasa mint pula banyak ditemukan. Selain itu, daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk jenis pengobatan. Namun manfaat dan khasiat daun mint bagi kesehatan belum diketahui oleh banyak orang.

Manfaat Dan Khasiat Daun Mint Bagi Kesehatan

Jenis-jenis Daun Mint

Peppermint

Peppermint mempunyai nama latin mentha piperita, yang berasal dari family lamiaceae dan genus mentha. Jenis daun mint ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan juga memiliki manfaat untuk dunia kuliner.

Spearmint

Spearmint mempunyai nama ilmiah mentha spicata. Sejak dahulu jenis daun mint yang satu ini telah banyak digunakan sebagai bumbu masak.

Khasiat daun mint bagi kesehatan tidak lepas dari peranan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Dan kandungan gizi yang ada pada daun mint adalah antioksidan, kalsium, fosfor,protein, karbohidrat, serat, gluttamico, minyak atsiri, vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Manfaat Dan Khasiat Daun Mint Bagi Kesehatan

Mengatasi rasa nyeri

Daun mint memiliki kandungan antipasmodic. Zat ini sangat bekerja untuk mengendurkan otot yang menegang. Maka ramuan daun mint ini sangat cocok untuk penderita nyeri otot. Selain itu daun mint juga memiliki manfaat untuk mengatasi rasa nyeri di dalam tubuh.

Baik untuk pencernaan

Daun mint memiliki manfaat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Karena tanaman ini memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien. Bila sistem pencernaan anda sehat, maka anda tidak akan mudah mengalami gangguan pencernaan.

Menjaga kesehatan mulut

Daun mint mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Seperti yang telah anda ketahui bahwa banyak bakteri yang bersarang di dalam mulut. Oleh karena itu, anda harus menjaga kesehatan mulut dengan cara mengogosok gigi minimal 2 kali sehari, berkumur-kumur dengan air rebusan daun mint, dan sebagainya.

Menurunkan kolesterol jahat di dalam darah

Manfaat dan khasiat daun mint bagi kesehatan adalah membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung serat, minyak essensial dan vitamin. Kandungan tersebut juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah juga menormalkan tekanan darah.

Mengobati penyakit maag

Bagi sebagian orang ketika mengalami sakit maag biasanya mengkonsumsi obat maag. Padahal mengobati penyakit maag bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar misalnya kunyit, daun mint, dll. Cara mengolah daunt mint untuk sakit maag yaitu sediakan beberapa lembar daun mint, cuci terlebih dahulu, rebus dengan menggunakan air. Diamkan hingga mendidih. Setelah dingin, anda bisa meminum air rebusannya. Selain di rebus, anda juga bisa mengkonsumsi secara langsung dengan cara mencampurkan daun mint ke dalam makanan.

Manfaat dan khasiat lainnya daun mint bagi kesehatan adalah dapat mengobati alergi, flu, sakit kepala, batuk dan gatal tenggorokan. Akan tetapi tidak boleh berlebihan dan terlalu sering konsumsi daun mint, konsumsilah daun mint dengan jumlah terbatas. Karena bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *