Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

By | 29th June 2016

Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan,- Jambu biji mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi, manfaat kesehatan ternyata juga tidak hanya mampu kita dapatkan dari buahnya, namun juga bisa kita peroleh dari daunnya.

manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Mengobati diare

Salah satu manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan yakni mengobati penyakit diare. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam daun jambu biji bisa menghambat juga menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab diare.

Cara mengolah daun jambu biji untuk mengobati diare yakni sediakan 6 helai daun jambu biji, kemudian cuci dengan air yang bersih. Setelah itu, tumbuk dengan halus, tambahkan air matang, saring , peras dan dinginkan daun jambu biji tersebut dan kemudian minum 2 kali sehari.

Anda bisa membuat air dari segenggam daun jambu biji yang masih muda. Caranya sediakan segenggam daun jambu biji dan cuci. Tambahkan 2 gelas air lalu rebus. Didihkan hingga tersisa segelas,
saring dan dinginkan. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

Mengobati diabetes melitus

Diabetes dapat disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Bagi anda yang mengidap penyakit diabetes melitus , solusi untuk mengobatinya mampu membuat dan meminum ramuan tradisional dari daun jambu biji. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun jambu biji akan menghambat penyerapan glukosa oleh darah. Maka kadar gula darah tetap stabil.

Mengobati sakit maag

Kandungan zat yang baik dalam daun jambu biji juga dapat mengobati maag dan penyakit yang berhubungan dengan lambung. Senyawa dalam daun jambu biji bisa menurunkan kadar asam lambung. Sehingga dapat dijadikan obat penurun asam lambung.

Caranya : Sediakan 5-7 lembar daun jambu biji, segenggam daun sirih dan 2 genggam daun ceremai. Cuci semua bahan tersebut. kemudian rebus dnegan 3 gelas air, didihkan hingga air tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan air rebusan tadi dan minum saat hangat , minum 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari menjelang tidur.

Mengobati luka

Cara pertama untuk mengobati kulit yang terluka akibat goresan atau robekan ialah dengan mencuci luka menggunakan air panas. Bila tak kuat menahan panasnya, gunakan kain yang dicelupkan ke air tersebut kemudian pakai untuk membersihkan luka.

Cara yang ke-2 ialah dengan ramuan tradisional daun jambu biji. Kunyah 3 lembar pucuk daun jambu biji yang sudah dicuci, kemudian tempelkan kepada kulit yang terluka. Sehingga luka dapat cepat kering dan rasa nyeripun berkurang.

Daun jambu biji dipercaya sebagai antioksidan, senyawa yang terkandung didalamnya pun bersifat anti nyeri dan antiperadangan. Maka sangat efektif mengobati luka.

Melancarkan system pencernaan

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam daun jambu biji bisa membunuh racun dalam tubuh terutama pada usus dan saluran pencernaan. Senyawa aktif ini mampu memperbaiki system pencernaan dan menjaga kesehatannya.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan diantaranya mengobati ambeien, mencegah kanker prostat, mengobati alergi, meningkatkan kesuburan laki laki dewasa. Bahkan daun jambu biji ini mempunyai manfaat dan khasiat untuk kecantikan.

Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *