Manfaat Dan Kandungan Asparagus Untuk Kesehatan

By | 29th December 2016

Asparagus memiliki nama ilmiah asparagus officinalis. Asparagus merupakan tumbuhan sayuran yang dimanfaatlan daun dan bunga. Asparagus mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, Hal ini dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan gizi yang banyak yang diperlukan oleh tubuh kita.

Manfaat Dan Kandungan Asparagus Untuk Kesehatan

Beragam kandungan gizi yang terdapat pada asparagus diantaranya adalah asam amino, asam folat, kalsium, magnesium, seng, protein, fosfor, potassium, zat besi, selenium, riboflavin, tiamin dan berbagai macam vitamin yaitu vitamin A, B6, C dan E.

Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Menurunkan resiko penyakit jantung

Asparagus memiliki kandungan vitamin B dan serat larut yang bermanfaat  membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Konsumsilah jus asparagus yang dicampur dengan madu,  3 kali sehari.

Mengatur kadar gula darah

Asparagus adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita kadar gula darah tinggi. Karena asparagus memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu membantu menstabilkan kadar gula di dalam tubuh.

Kesehatan kulit

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, asparagus juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan antioksidan glutathione yang terdapat pada asparagus berfungsi untuk menghambat proses penuaan pada kulit, dan mampu membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi di lingkungan.

Menjaga kesehatan kehamilan

Asparagus adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, sayuran ini mengandung asam folat yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kehamilan juga membantu proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain asparagus, makanan lainnya yang kaya akan asam folat adalah alpukat, hati sapi, tauge dll.

Kesehatan pencernaan

Asparagus adalah salah satu sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Karena asparagus memiliki kandungan serat dan protein yang bermanfaat untuk membantu pergerakan makanan yang masuk di dalam sistem pencernaan. Sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyaman yang mungkin ditimbulkan ketika proses pencernaan makanan berlangsung.

Manfaat lainnya asparagus untuk kesahatan adalah mengurangi resiko kanker usus, menurunkan resiko penyakit kanker dan mencegah penyakit batu ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *