Langkah-langkah Pencegahan Gangguan Pencernaan

By | 6th November 2017

Langkah-langkah pencegahan gangguan pencernaan berikut ini bisa anda lakukan agar tehindar dari gangguan pencernaan. Mencegah gangguan pencernaan tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami gangguan pencernaan saja, tapi juga orang yang pernah mengalami gangguan pencernaan juga bisa mencegahnya supaya gangguan pencernaannya tidak muncul kembali.

Langkah-langkah Pencegahan Gangguan Pencernaan

Atur pola makan

Cara mencegah gangguan pencernaan yaitu dengan mengatur pola makan. Karena bila makan tidak teratur maka bisa menyebabkan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak tercerna secara efektif. Makanan yang tidak dicerna secara efektif dapat menyebabkan kembung sebab makanan akan terfermentasi dalam lambung.

Perhatikan asupan makanan

Selain atur pola makan, perhatikan juga asupan makanannya. Makanan yang dikonsumsi ialah makanan yang bergizi seimbang dan kombinasi makanan juga harus serasi. Bila kombinasi makanan tidak tepat maka akan membuat makanan tidak dicerna dengan baik.

Kunyah makanan dengan baik

Manfaat mengunyah makanan dengan baik ialah bisa membantu kinerja enzim ptialin di dalam kelenjar ludah, membentu proses pencernaan pada tahap-tahap selanjutnya. Bagi anda yang suka mengunyah makan dengan tergesa-gesa maka mulai sekarang kunyahlah makanan dengan baik.

Jangan makan berlebihan

Suka makan terlalu banyak? maka mulai sekarang jangan terlalu banyak makan karena jumlah makanan yang melebihi kapasitas bisa menyebabkan kinerja enzim di dalam tubuh jadi tidak normal, akibatnya makanan juga tidak tercerna secara optimal.

Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat

Manfaat mengkonsumsi makanan yang kaya kaya akan kandungan serat seperti buah dan sayur-sayuran adalah bisa membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Makanan yang kaya akan kandungan serat juga bisa mencegah gangguan pencernaan seperti konstipasi dan wasir.

Kurangi konsumsi antacid

Anda suka mengkonsumsi obat antacid yang dijual bebas di apotik? Mulai sekarang kurangi konsumsi obat tersebut karena obat tersebut dapat menyebabkan lambung kehilangan keasamannya. Hal ini tentunya akan melumpuhkan fungsi sistem pencernaan dan mudah terinfeksi.

Langkah-langkah lainnya agar terhindar dari gangguan pencernaan yaitu hindari kebiasaan minum kopi, minum alkohol dan merokok. Selain itu, batasi mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas, hindari makan dalam waktu yang terlalu berdekatan dan jangan berbaring sesudah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *