Kombinasi Makanan Yang Tepat Sangat Baik Bagi Sistem Pencernaan

By | 16th May 2016

Kombinasi Makanan Yang Tepat Sangat Baik Bagi Sistem Pencernaan,- Untuk memiliki & menjaga kesehatan sistem pencernaan maka harus menerapkan pola makan sehat. Pola makan yang sehat dapat ditentukan dengan memilih kombinasi yang tepat dari beberapa bahan makanan. Kombinasi makanan yang tepat ini dapat berdampak baik bagi kesehatan pencernaan.

Kombinasi Makanan Yang Tepat, Baik Bagi Sistem Pencernaan

1.Protein & lemak

Kombinasi ini merupakan kombinasi alami pada setiap makanan yang unsur dominannya portein. Unsur lemak bermanfaat memperlambat laju pencernaan supaya protein mampu lebih banyak ketika dicerna dalam lambung. Contoh untuk kombinasi ini yakni ayam, daging, ikan yang dipanggang, bakar , rebus, & kukus.

Baca juga : Obat Gangguan Pencernaan Untuk Anak Dan Dewasa

2. Pati & lemak

Secara alami pati telah mengandung protein & lemak, sebab itu janganlah menggunakan lemak berlebihan pada makanan tinggi pati. Contohnya roti & sedikit mentega, kentang rebus yang dihaluskan & sedikit krim, kentang goreng (dengan minyak tidak jenuh & baru, bukan minyak bekas pakai).

3. Lemak & asam

Kombinasi ini termasuk tepat bila kadar lemaknya rendah. Asam bermanfaat melarutkan lemak & sebaliknya enzim pencernaan membutuhkan PH asam (rendah). Contohnya minyak saus selada (oil dressing) dengan sedikit air jeruk nipis, kacang-kacangan dengan buah rasa asam.

4. Gula & asam

Kombinasi ini telah menjadi kombinasi alami pada buah-buahan, maka semua makanan manis dianggap sesuai dengan makanan asam. Contohnya yoghurt murni dengan madu, yoghurt murni dengan buah-buahan & buah asam dengan buah manis.

5. Protein hewani & sayuran non-tepung

Sayuran & udang ditambah mentimun juga adas atau ikan panggang dengan kacang hijau yang direbus mungkin baik untuk pencernaan anda.

 | Kombinasi Makanan Yang Tepat Sangat Baik Bagi Sistem Pencernaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *