Kombinasi Makanan Yang Salah Tidak Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

By | 24th May 2016

Makanan adalah kebutuhan pokok adalah sebagai sumber energi vital manusia supaya dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Kombinasi yang tepat, tentu dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun sebaliknya, bila salah melakukan kombinasi, sehingga dapat memunculkan dampak buruk bagi kesehatan. Seringkali kita mengonsumsi makanan secara bersamaan, padahal makanan yang anda makan dengan kombinasi tertentu, justru berdampak buruk bagi system pencernaan bahkan kesehatan anda secara keseluruhan.

Kombinasi Makanan Yang Salah , Tidak Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

1.Daging merah & makanan bertepung

Hindari makanan daging merah dengan makanan bertepung seperti nasi, kentang dan lainnya. Kedua makanan tersebut sulit untuk dicerna bersamaan. Sebaiknya makan daging merah , ayam & daging putih dengan biji-bijian , bukan makanan bertepung.

2. Makan buah sesudah makan

Hindari makan buah-buahan sesudah makan. Makan buah-buahan sesudah makan bisa menyebabkan zat makanan membusuk di perut anda, yang mengarah ke gangguan pencernaan & gas bermasalah. Sebaiknya , makan buah-buahan setidaknya 1 jam sebelum makan atau makan buah-buahaan 2 jam sesudah makan.

Baca juga : Kombinasi Makanan Yang Tepat Sangat baik untuk sistem pencernaan

3. Makanan asam & karbohidrat

Hindari makan makanan asam seperti tomat , lemon bersamaan dengan makanan bertepung yang umumnya mengandung alkali. Makanan asam dikombinasi dengan makanan yang bersifat alkali bisa menyebabkan masalah terhadap system pencernaan. Anda mesti menghindari makan tomat dengan karbohidrat & protein pati. Makanan ini akan memfermentasi di perut & membentuk lumpur yang susah untuk dicerna.

4. Minum teh & kopi sesudah makan

Hindari minum teh atau kopi sesudah makan. Teh & kopi dapat mencegah penyerapan makanan anda dengan mengganggu asam lambung. Ini dapat menunda proses pencernaan & juga memperburuk banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan.

5. Makanan berlemak tinggi & protein

Hindari makan mentega , minyak dengan telur, keju, daging & hindari lemak makanan dengan roti putih. Mencerna lemak membutuhkan garam empedu, yang disekresikan dari hari & kandung empedu. Bila anda makan makanan berlemak tinggi dengan protein & makanan yang salah yang lain , ini dapat memblokir sekresi garam empedu yang menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

6. Daging & keju

Keduanya kaya akan protein. Apabila anda mengonsumsi keduanya secara bersamaan, produksi protein dalam tubuh dapat meningkat & bisa meningkatkan produksi protein pada hati, Oleh sebab itu, tak dianjurkan untuk makan daging daan keju dalam waktu yang bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *