Ketahui Penyebab Nyeri Ulu Hati Dan Pengobatannya

By | 26th July 2017

Mungkin sebagian dari kita terasa asing saat mendengar nyeri ulu hati. Terlebih lagi penyebabnya, sebagian dari kita tidak mengetahui penyebab nyeri ulu hati. Ulu hati terletak di bawah tulang dada dan diatas pusar serta berada di antara tulang rusuk. Gejala yang dapat mengiringi nyeri ulu hati diantaranya sendawa, rasa lapar, kram, perut kembung, mual dan muntah.

Ketahui Penyebab Nyeri Ulu Hati Dan Pengobatannya

Penyebab Nyeri Ulu Hati

Berbagai macam hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati diantaranya:

Radang lambung

Radang lambung adalah salah satu penyakit yang terjadi pada organ lambung manusia. Radang lambung bisa menyebabkan sakit pada ulu hati. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan perut kembung, dan mual.

Tukak lambung

Selain radang lambung, penyakit lainnya yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati adalah tukak lambung. Tukak lambung adalah kondisi terjadinya luka pada organ lambung. Selain nyeri ulu hati, gejala lainnya dari tukak lambung yaitu mual dan muntah, serta adanya perubahan warna BAB yaitu menjadi hitam.

Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah salah satu penyakit yang terjadi pada anak hingga orang dewasa. Penyebab gastroenteritis pada anak adalah virus atau biasa disebut rotavirus. Sedangkan penyebab gastroenteritis pada orang dewasa adalah bakteri. Gejala gastroenteritis pada umumnya adalah nyeri ulu hati, mual dan muntah, diare, dan demam ringan.

Kanker lambung

Kanker lambung juga merupakan penyakit yang menyebabkan nyeri ulu hari. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker lambung diantaranya pria yang sering merokok, faktor usia, dan orang yang sering mengkonsumsi garam dengan berlebihan.

Tukak peptik

Penyebab rasa sakit pada ulu hati adalah tukak peptik. Tukak peptik adalah penyakit yang terjadi pada organ lambung. Rasa sakit pada ulu hati yang disebabkan oleh tukak peptik ditandai dengan gejala rasa sakit pada daerah pusar sampai dada, bahkan rasa sakit ini akan semakin parah bila perut kosong dan pada malam hari.

Penyakit lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit pada ulu hati adalah sindrom iritasi usus, pankreatitis, kantong empedu, dan GERD.

Pengobatan Sakit Ulu Hati

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri ulu hati diantaranya:

Mengonsumsi obat penetral asam lambung

Pengobatan pada penderita sakit ulu hati adalah mengkonsumsi obat penetral asam lambung seperti antasida. Namun, sebaiknya konsumsi obat penetral asam lambung yang diresepkan oleh dokter.

Manfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita

Bila anda memilih cara alami, anda bisa mencoba memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita diantaranya jahe dan lidah buaya. Lidah buaya mempunyai zat yang dapat meredakan luka atau asa sakit akibat iritasi atau luka bakar.

Hal yang harus dihindari oleh penderita sakit ulu hati

  • Hindari minum minuman alkohol
  • Hindari makanan penyebab iritasi perut yaitu makanan yang mengandung minyak tinggi, makanan pedas dan lain-lain.
  • Hindari konsumsi minuman yang berkafein tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *