Kandungan Gizi Daun Parsley Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

By | 6th March 2017

Daun parsley memiliki kandungan gizi yang banyak yang dapat memberikan manfaat yang baik kesehatan. Kandungan gizi yang ada pada daun parsley diantaranya asam folat, lisin, asam amino, vitamin A, vitamin C, nikotin, apiola, firocoumarin, xanthotoxin, kalsium, fosfor, beta-phelandrene, zat besi dan potassium.

Kandungan Gizi Daun Parsley Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun parsley mirip dengan daun seledri. Daun parsley mempunyai nama ilmiah ptroselinium cripsum yang merupakan salah satu keluarga dari wortel. Daun parsley ini mempunyai ciri-ciri daun yang mirip dengan daun wortel, berwarna hijau dan juga harum.

Manfaat Daun Parsley Bagi Kesehatan

Manfaat daun parsley belum diketahui banyak orang, karena daun parsley ini bisanya dijadikan sebagai bahan campuran pada sup, pasta, garnish dari beberapa jenis makanan. Bbrikut adalah manfaat daun parsley bagi kesehatan:

Kesehatan mata

Daun parsley adalah salah satu sayuran hijau yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Manfaat dari kandungan ini adalah dapat menjaga kesehatan mata. Bila organ mata sehat, maka akan terhindar dari gangguan yang menyerang mata seperti katarak, silindris, mata merah dan mata rabun (rabun jauh, dekat maupun rabun ayam).

Kesehatan tulang

Manfaat mengkonsumsi daun parsley tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi juga baik untuk kesehatan tulang dan memperkuat struktur tulang. Karena daun parsley ini mempunyai kandungan vitamin K, fosfor dan kalsium. Bila tulang sehat dan kuat maka akan mengurangi risiko osteroporosis, pengeroposan tulang, mencegah pengapuran.

Kesehatan jantung

Cara menjaga kesehatan jantung sejak dini bisa dengan olahraga secara rutin, pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayuran seperti daun parsley. Cara mengolah daun parsley yaitu dengan menambahkan daun parsley pada menu makanan anda sehari-hari.

Jika kondisi jantung sehat, maka peredaran darah ke seluruh tubuh jadi lebih lancar dan optimal, mencegah kekurangan oksigen juga mencegah penyakit jantung seperti jantung koroner dan serangan jantung.

Mengurangi risiko kanker

Manfaat mengkonsumsi daun parsley juga bisa membantu mengurangi risiko kanker seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker kulit, kanker payudara dan jenis kanker yang lainnya. Hal ini dikarenakan daun parsley memiliki kandungan gizi yang betindak sebagai anti-kanker yaitu membantu mencegah perkembangan dari sel-sel kanker yang muncul pada tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Daun parsley adalah salah satu sayuran hijau yang baik untuk kesehatan pencernaan. Bila pencernaan sehat maka dapat terhindar dari gangguan pencernaan  seperti diare, sakit perut, susah bab, wasir dan sembelit.

Menghilangkan bau tidak sedap pada mulut

Mengkonsumsi daun parsley juga berkhasiat dapat membantu menghilangkan tidak sedap pada mulut. Oleh karena itu bila anda merasa tidak nyaman karena mulut bau tidak sedap, maka konsumsi sebatang daun parsley.

Sangat baik untuk wanita

Daun parsley bisa dikonsumi oleh wanita yang terlambat menstruasi, PMS atau menopause. Karena daun parsley ini dapat membantu meningkatkan sekresi estrogen di dalam tubuh.

Manfaat lainnya daun parsley bagi kesehatan diantaranya mengurangi risiko penyakit ginjal, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mencegah penuaan dini dan mengobati anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *