Kandungan Gizi Dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

By | 21st April 2017

Kacang merah memiliki segudang kandungan gizi yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Dan kandungan gizi yang ada pada kacang merah diantaranya mangan, thiamine, besi, vitamin B6, serat, kalsium, karbohidrat, protein dan asam folat.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kacang merah memiliki ukuran yang cukup besar dengan wrana merah tua yang khas. Kacang merah ini bisa dijadikan bahan tambahan dalam membuat sayur sop dan sayur asam. Supaya kandungan gizi yang ada pada kacang merah tidak hilang, sebaiknya pengolahannya tidak terlalu diberi banyak bumbu. Alangkah baiknya merebusnya tanpa direndam dan konsumsilah sebagai cemilan sehat.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kesehatan jantung

Manfaat kacang merah untuk kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung. Karena kacang merah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap yang baik untuk melindungi kesehatan jantung.

Sumber energy tubuh

Kacang merah adalah salah satu makanan sumber energy yang mudah untuk didapatkan. Karena kacang ini memiliki kandungan energi yang cukup banyak dan karbohidrat yang dapat memberikan tubuh anda energy yang cukup untuk menjalankan aktifitas.

Kesehatan pencernaan

Mengkonsumsi kacang merah secara rutin memberikan manfaat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki kandungan serat. Oleh karena itu, konsumsi kacang merah untuk menghindari resiko terkena gangguan pencernaan, sembelit dan penyakit lainnya yang menyerang pencernaan.

Baik untuk pembentukan otak

Kacang merah juga bermanfaat untuk membentuk otot di dalam tubuh sebab kacang ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah kacang merah.

Mengontrol kadar gula darah

Kacang merah memiliki kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol, lewat jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang ada pada kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambar dicerna dan mempunyai indeks glisemik rendah. Oleh karena kacang merah merupakan salah atu makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kesehatan otak

Mengkonsumsi kacang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki kombinasi gizi yang baik untuk membuat syaraf otak lebih sehat. Sehingga kemampun dalam berpikir pun bisa lebih cepat dan tanggap.

Itulah alasannya mengapa kacang merah harus anda konsumsi karena kacang ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *