Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Pepaya

By | 10th September 2015

Buah pepaya tersedia dalam berbagai varietas. Mulai dari pepaya bangkok yang bentuknya besar dengan kulit buah hijau-kuning. Hingga varietas-varietas yang relatif baru dikenal seperti pepaya hawai yang buahnya kecil-kecil namun manis.

Buah pepaya mudah didapatkan dan harganya pun relatif murah. Mungkin masyarakat menganggapnya tidak terlalu spesial. Namun buah pepaya ini kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

manfaat buah pepaya

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Pepaya

1.Mengatasi gangguan pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang bisa membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dna efektif mencegah wasir. Selain itu, kandungan papain yang terdapat didalamnyya juga membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2.Sangat baik untuk kesehatan pencernaan

Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya juga bisa membantu membersihkan usus anda dari racun-racun yang tidak sengaja diserap tubuh. Kandungan serat dan antioksidannya yang terdapat di dalamnya dapat mengangkat serta membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Baca juga : tips menjaga kesehatan sistem pencernaan

3.Anti inflamasi

Manfaat pepaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit sebab enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut mempunyai sifat mencegah kanker.

4.Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya , diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh sebab itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu & meredakan demam.

5.Menyehatkan tulang

Kekurangan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Sebab melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium & dapat mengurangi ekskresi-ekskresi kalsium.

7.Mencegah degenerasi makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan , akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

8.Baik untuk perawatan dan kesehatan kulit

Pepaya mengandung vitamin A dan enzim papain, yang dapat membantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan protein mati, sehingga kulit kelihatan lebih muda & bersinar. Pepaya juga dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat di wajah.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Pepaya |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *