Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung

By | 20th January 2016

Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung,- Perut kembung ialah kondisi perut terasa penuh atau kencang, dikarenakan terisi oleh angin atau air yang berlebihan. Perut kembung menyebabkan terasa tidak nyaman, rasa mual mau muntah.

Penyebab perut kembung ialah lantaran banyak menghirup angin, makan tak teratur, makan terburu-buru, pola makan tidak sehat & sebagainya. Mekipun begitu penyebab mutlak perut kembung yaitu makanan. Ada sekian banyak jenis makanan yang jadi penyebab perut kembung.

Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung

1.Sayuran

Gula alami yang terkandung didalam jenis sayuran mampu menyebabkan tingginya kadar gasa dalam usus. Sekian Banyak jenis sayuran dengan resiko begitu antara lain bawang dan artichoke, yang mengandung fruktosa, diluar itu, asfaragus, brokoli, kacang polong & kol mengandung raffinose yang membuat sayuran dengan serat larut yang tinggi ini juga menyebabkan gas ketika dicerna di dalam usus besar. Jenis serat yang tak larut sendiri tidak akan menyebabkan gas.

2.Buah

Sama dengan sayuran , buah pula mengandung gula alami sorbitol yang menyebabkan penumpukan gas dalam pencernaan. Sorbitol paling tidak sedikit ditemukan didalam buah prun, apel, peach & pir. Kepada makanan yang bebas gula , pemanis yang dimanfaatkan adalaj sorbitol, maka makanan seperti permen karet & permen tidak dengan gula pun dapat menyebabkan perut kembung. Adanya serat yang tak larut dalam buah bisa juga menyebabkan jumlahnya gas dalam pencernaan.

3.Makanan dengan kadar zat tepung yang tinggi

Zat tepung yang berada dalam kadar yang tinggi didalam karbohidrat akan menyebabkan gasa saat pencernaan berusaha menguraikannya. Gandum, roti, seral & pasta dapat menyebabkan penumpukan gas dalam perut . Jagung & kentang pula mempunyai sifat yang sama. Tetapi beras tak termasuk kedalam makanan yang membuat perut bergas.

4.Product berbahan baku olahan

Susu & product makanan yang terbuat dari susu mengandung gula alami laktosa yang susah untuk dicerna terhadap tubuh yang tak cukup enzim lactase. Makanan berbahan baku susu sepertu keju, es krim & susu yang mengandung laktosa mampu menyebabkan perut kembung, terutama terhadap penderita laktosa intoleran yang sebaiknya tak mengkonsumsinya sama sekali supaya perut tak terasa sakit.

5.Makanan cepat saji

Makanan tinggi lemak & di goreng , seperti makanan cepat saji mampu menyebabkan gangguan pencernaan. Tak seperti beberapa lemak yang baik buat usus, lemak yang mengandung dalam makanan langsung saji tak berinteraksi dengan cara yang sama didalam badan. Makanan cepat saji sering mengandung kadar lemak tinggi tak sehat seperti asam lemak jenuh yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh.

6.Makanan kaya sodium

Garam merupakan salah satu hal penyebab perut kembung. Diwaktu anda mengonsumsi garam atau makanan yang banyak mengandung garam, cairan dalam tubuh dapat terserap dengan cepat. Bersama demikian tubuh bakal mulai terasa berat & perut serta dapat mulai terasa kembung. Hindari makanan yang mengandung banyak garam, termasuk juga pun makanan olahan & kemasan.

7.Soda & soft drinks

Tidak Hanya makanan, minuman pula judga mampu menyebabkan perut kembung. Minuman berkarbonasi yang menghasilkan busa dengan rasa manis memang bakal memberikan kesegaran , tetapi langsung diikuti dengan perut yang terasa penuh oleh gas. Karbonasi dalam soda & soft dirnk cuma terbuat dari udara, maka dengan meminumnya sama saja anda sedang memasukan udara ke dalam pencernaan. Gula fruktosa yang sering digunakan untuk jadi pemanis minuman serta yakni jenis gula yang susah dicerna & memunculkan gas.

Baca juga :

Kebiasaan yang dapat menyebabkan perut kembung
penyebab dan gejala perut kembung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *