Jenis-Jenis Hepatitis Dan Gejalanya

By | 26th January 2016

Jenis-Jenis Hepatitis Dan Gejalanya

1.Hepatitis A

Hepatitis A dapat disebabkan oleh virus hepatitis A. Penularan virus tersebut lewat jalur oral faekal, baik lewat kontak orang ke orang atau menelan makanan yang terkonstaminasi virus hepatitis A. Umumnya, infeksi dari kategori hepatitis a terjadi pada kasus-kasus ringan.

Gejalanya yaitu nyeri perut atau rasa tak nyaman, terutama di daerah hati (pada sudut sebelah kanan, di bawah tulang rusuk), urine berwarna cokelat gelap, Mata & kulit jadi kuning, kadar bilirubin dalam darah meningkat, kadar SGPT & SGOT (fungsi liver marker) dalam darah tinggi.

2.Hepatitis B

Hepatitis B dapat disebabkan oleh virus hepatitis B yang bisa ditularkan melalui darah , air mani & cairan tubuh yang lain. Hepatitis B bisa juga ditularkan dari ibu yang terinfeksi virus ini pada bayi pada waktu lahir atau bisa juga dari anggota keluarga pada anak usia dini.

Gejala klinis hepatitis B muncul sekitar 3 bulan sesudah terinfeksi. Level terinfeksinya berkisar dari ringan hingga parah. Gejala nya ialah urine berwarna gelap, kulit & bagian putih mata menguning dan sebagainya.

3.Hepatitis C

Hepatitis C dapat disebabkan oleh virus hepatitis C. Penularannya lewat hubungan seksual, melalui transfusi darah, suntikan yang terkonstaminasi sewaktu mekanisme medis & beraneka ragam jarum suntik di kalangan pengguna narkoba.

4.Hepatitis D

Hepatitis D dapat disebabkan oleh virus hepatitis D. Hepatitis jenis ini mampu terjadi pad aorang yang telah terinfeksi hepatitis B. Peradangan dapat terjadi lewat kontak dengan darah yang terinfeksi, hubungan intim dengan orang yang terinfeksi & perforasi kulit dengan jarum yang terinfeksi.

5.Hepatitis E

Hepatitis E dapat disebabkan oleh virus hepatitis E. Seseorang akan terinfeksi dengan meminum air yang mengandung virus hepatitis E. Hati membengkak namun tak ada konsekuensi jangka panjang. Penularan serta dimungkinkan lewat hubungan intim.

Pada umumnya virus hepatitis sering kali dapat dicegah. Tapi virus ini tetap dianggap sebagai ancaman serius bagi kesehatan manusia dikarenakan dapat mengakibatkan hal-hal berkirut :

  • Menghancurkan jaringan sel liver
  • Melemahkan system imun tubuh
  • Mengakibatkan fungsi liver gagal
  • Menyebabkan kanker hati

Jenis-Jenis Hepatitis Dan Gejalanya |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *