Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong Ini Bahayanya!

By | 15th November 2017

Kopi adalah salah satu minuman yang disukai banyak orang terutama laki-laki. Minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang, ada yang minum kopi sebelum melakukan aktivitas dan ada juga yang minum kopi dengan perut belum terisi makanan apapun. Padahal minum kopi saat perut kosong bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong Ini Bahayanya!

Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Asam lambung naik

Alasan mengapa jangan minum kopi saat perut kosong adalah membahayakan bagian lambung yaitu menyebabkan asam lambung naik. Kopi berkafein telah dibuktikan dapat menjadi perangsang produksi asam. Saat keasaman perut meningkat, maka mual dan ingin muntah disertai rasa pusing sampai vertigo bisa terjadi.

Perut menjadi mulas

Minum kopi saat perut belum terisi makanan apapunmaka akan menjadikan keasaman perut naik dan inilah yang kemudian menjadi faktor penyebab munculnya rasa mulas di perut.

Gangguan nutrisi

Bahaya terlalu berlebihan minum kopi, apalagi ketika perut kosong maka dapat memicu kekurangan magnesium di dalam tubuh. Karena kekurangan magnesium, maka otomatis kebiasaan mengonsumsi kopi pada saat perut belum terisi makanan apapun maka secara tidak langsung akan menjadi penyabab dari masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, osteoporosis dan masalah kesehatan lainnya.

Menghambat produksi hormon kortisol

Mengkonsumsi kopi saat perut kosong dapat menjadi penghambat produksi hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol adalah hormon penting untuk menjadi alarm bagi tubuh secara alami yang membangunkan kita pada pagi hari dan merasakan kantuk kalau sudah malam hari.

Mudah cemas

Bahaya mengonsumsi kopi saat perut kosong yang jarang diketahui adalah dapat menimbulkan rasa cemas berlebihan. Sebab kopi mampu memperburuk kondisi hormon serotonin yang rendah di pagi hari. Hormon ini merupakan hormon penting yang memicu rasa bahagia dan tenang sehingga tubuh menjadi rileks.

Mudah stres

Selain menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, minum kopi saat perut kosong juga dapat menjadi gampang stres. Hal ini dikarenakan ada kaitannya dengan hormon serotonin yang rendah di pagi hari dan mampu di perburuk dengan minum kopi.

Itulah bahaya minum kopi saat perut kosong.Bukan berarti tidak boleh minum kopi, hanya saja makan makanan yang pada dahulu setelah itu boleh minum kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *