Gandum Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

By | 22nd November 2016

Gandum termasuk dalam biji-bijian. Sejak zaman dahulu gandum menjadi makanan pokok bagi manusia. Namun, seiring perkembangan zaman, biji-bijian diolah menjadi beragam makanan. Manfaat gandum bagi kesehatan sangatlah banyak. Oleh karena itu, meskipun di negara kita gandum bukan merupakan makanan pokok. Sebaiknya konsumsi gandum secara rutin.

Gandum Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat dan kandungan gizi gandum bagi kesehatan

Menyehatkan pencernaan

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang tinggi serat, sehingga mampu menyehatkan pencernaan. Selain sangat bagus untuk menjaga saluran pencernaan, kandungan serat yang terdapat dalam gandum juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan sembelit.

Mengendalikan berat badan

Gandum adalah salah satu makanan yang bagus dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet. Karena gandum mempunyai kemampuan alami yang mampu mengendalikan berat badan.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Gandum adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita gangguan metabolisme. Diet gandum merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh.

Mencegah batu empedu

Berdasarkan hasil penelitian bahwa sereal dan roti yang terbuat dari gandum utuh dapat membantu wanita untuk menghindari batu empedu. Kandungan serat larut yang terdapat dalam gandum bermanfaat untuk membantu menurunkan sekresi asam empedu yang berlebihan yang menjadi penyebab utama terjadinya pembentukan batu empedu.

Mencegah diabetes tipe 2

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum minimal 51% dan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol, mampu menurunkan resiko penyakit koroner dan jenis kanker.

Manfaat gandum untuk kesehatan yang lainnya adalah menyehatkan jantung, mencegah kanker, mencegah asma dan mengurangi peradangan kronis seperti osteoporosis, penurunan kognitif dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *