Faktor Penyebab Kram Perut

By | 1st December 2015

Faktor Penyebab Kram Perut,- Kram perut adalh suatu keadaan rasa tak nyaman (nyeri) di perut akibat adanya kontraksi dari organ dalam rongga perut mampu berasal dari organ-organ kandungan maupun organ-organ di luar kandungan seperti dari saluran cerna maupun saluran kemih (saluran kencing). Penderita kram perut dapat merasakan sakit perut yang luar biasa , melilit, seolah diremas-remas, sebentar muncul sebentar reda.

Faktor Penyebab Kram Perut

1.Masalah pencernaan

Kram perut akan disebabkan oleh infeksi, keganasan (kanker), peradangan, trauma, obstruksi, & proses abnormal yang lain dari organ pencernaan. Keadaan yang relatif ringan seperti gangguan pencernaan & stress bisa menyebabkan kram perut. Masalah yang lebih serius kepada system pencenaan seperti Irritable Bowel Syndrome (ISB), ulkus, penyakit divertikular, sembelit atau hernia pun mampu menyebabkan kram.

2.Gangguan spesifik kepada perempuan

Perempuan kemungkinan mengalami kram perut dikarenakan sebuah keadaan yang mempengaruhi ovarium & uterus. Kram menstruasi yaitu salah satu penyebab yang paling umum dari sakit perut kepada perempuan, dapat namun gangguan lain pun mampu menyebabkan sensasi serupa. Aspek ini termasuk juga endometriosis, suatu keadaan di mana sel-sel dari rahim sejak mulai tumbuh di sektor lain dari badan juga fibroid rahim yang merupakan tumor jinak terhadap dinding rahim.

3.Penyebab lain kram perut

Kram perut pula disebabkan oleh masalah dalam system tubuh antara lain infeksi kepada lapisan perut bagian dalam, infeksi kandung kemih, trauma abdomen, dampak samping obat-obatan, akibat olahraga berlebih, eksposur zat beracun (mengkonsumsi bahan kimia beracun atau tanaman beracun atau gigitan serangga beracun).

Tips Meringankan Kram Perut

  • Mengurangi mengonsumsi kafein & alkohol. Tidak Sedikit studi yang menunjukan bahwa mengurangi asupan zat tersebut bakal mengurangi keparahan kram. Pada hari-hari menjelang menstruasi, kurangi mengonsumsi kopi & minuman beralkohol.
  • Kompres. Kompres perut dengan memakai botol yang berisi air hangat. Suhu yang hangat dari air dapat menunjang mengendurkan otot & mengurangi rasa nyeri akibat kram. Kamu pula dapat meletak kan handuk hangat di perut.
  • Ubah rutinitas makan. Kiat terbaik supaya terhindar dari kram perut ialah mengubah kebiasaan makan yang tak sehat. Hindari mengonsumsi makanan pedas, berlemak & minuman yang berkarbornasi. Makanlah dengan cara perlahan & kunyak makanan bersama benar biar system pencernaan kamu bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *