Faktor Penyebab Asam Lambung Tinggi

By | 29th April 2015

Faktor Penyebab Asam Lambung Tinggi,- Naik turunnya keasaman asam lambung dapat di pengaruhi oleh kadar lemak yang terdapat pada protein yang masuk. Semakin tinggi lemaknya, maka semakin rendah pH nya atau semakin asam. Asam lambung tinggi disebabkan oleh berbagai faktor yang diantaranya waktu makan yang tidak teratur, asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari kurang baik atau tidak mengandung sumber vitamin yang banyak mengandung serat, asupan makanan yang kurang sehat seperti makanan yang pedas, asam, dan berlemak tinggi. Dan masih banyak lagi faktor penyebab asam lambung tinggi.

penyebab pemicu penyakit asam lambung

Faktor Penyebab Asam Lambung Tinggi

-Konsumsi makanan yang pedas, asam atau berbumbu. Hal ini karena makanan-makanan tersebut bersifat merangsang keluarnya asam lambung secara berlebihan. Apabila makanan tersebut di konsumsi secara berlebihan.

-Minum minuman tertentu, seperti minuman beralkohol, minuman bersoda, kopi, dan teh. Minum-minuman tersebut merangsang produksi asam lambung berlebih.

-Makan secara berlebihan dapat mengakibatkan lambung penuh dan produksi asam lambung pun banyak sebagai antisipasi dalam mencerna.

-Tidur setelah makan. Baik itu makan berat atau makanan ringan. Akibatnya asam lambung naik ke kerongkongan karena posisi badan yang horizontal.

-Merokok. Hal ini karena bisa jadi asap rokok sebagian masuk ke dalam saluran pencernaan. Atau juga karena efek nikotin yang merangsang lambung menjadi lebih aktif. Nikotin termasuk ke dalam salah satu jenis stimulan (perangsang) yang bisa membuat jantung bekerja lebih aktif. Bila jantung memompa lebih cepat, maka semua organ-organ tubuh juga akan berkerja lebih aktif (lebih cepat).

-Hamil. Disaat hamil, hormon berada dalam jumlah yang sangat banyak. Kondisi ini tidak hanya berpengaruh pada mood, tapi juga pada kondisi fisik. Misalnya gangguan akibat asam lambung yang dikenal dengan nama hertburn. Asam lambung membuat dada seperti panas. Tanpa mengkonsumsi makanan pemicu asam lambung berlebih pun, semua wanita hamil bisa merasakan hertburn.

-Mengkonsumsi obat-obatan terntentu yang memicu produksi asam lambung berlebih. Misalnya obat aspirin, ibuprofen.

-Stres karena adanya suatu tekanan emosional yang berlebihan dan tidak bisa di kelola sengan baik.

-Telat makan & waktu makan yang tidak teratur. Yang terjadi saat telat makan adalah lambung mengeluarkan asam lambung dan gas, akibatnya perut menjadi perih & sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *