Cara Menjaga Kesehatan Lambung

By | 25th April 2016

Cara Menjaga Kesehatan Lambung,- Lambung yang sehat mampu menjalankan tugasnya dengan baik adalah untuk menampung & mencerna makanan pula menyerap nutrisi dari makanan yang kita mengonsumsi. Kalau lambung mengalami gangguan, nutrisi dalam makanan tak dapat dicerna secara maksimal & perut dapat merasa tak enak. Oleh sebab itu , menjaga kesehatan lambung sangatlah penting agar kita bisa nyaman mengkonsumsi makanan & kebutuhan nutrisi pun terpenuhi.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang perlu diketahui

1.Makan secara teratur

Usahan untuk selalu membiasakan makan teratur. Jika telah waktunya diisi tapi lambung masih kosong, asam lambung dapat tetap berproduksi. Walaupun dalam jumlah sedikit, asam lambung ini dapat menyebabkan gangguan lambung seperti perut perih, kembung & begah.

2.Mengunyah makanan lebih lama

Jika lambung bekerja terlalu berat dalam proses mencerna makanan yang kita mengonsumsi , maka akan menyebabkan dinding organ tersebut terlalu sering bergesekan. Akibatnya bagian dinding lambung terluka. Untuk mencegah faktor tersebut , sehingga para ahli kesehatan sangat menganjurkan supaya kita lebih lama pada waktu mengunyah makanan.

Mengunyah makanan lebih lama sehingga makanan tersebut dapat dapat dinetralkan oleh air liur kita, maka nantinya tak dapat berdampak pada peningkatan asam lambung pada waktu makanan tersebut dicerna oleh lambung.

3.Perbanyak asupan cairan untuk badan

Cukupnya cairan dalam tubuh sehingga dapat sangat membantu dalam proses pencernaan. Air akan membantu menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh & berfungsi melarutkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh seperti vitamin, mineral & nutrisi penting lainnya supaya nantinya mudah diserap oleh tinja. Hal tersebut tentu saja dapat sangat membantu anda untuk mengatasi gangguan sembelit.

4.Konsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan berserat dapat membantu tubuh dalam mempertahankan kesehatan organ lambung. Ada banyak makanan yang mengandung serat tinggi yaitu diantaranya pisang, pir, pepaya, jambu biji merah, kacang-kacangan, brokoli, kiwi, asparagus dan lain-lain.

5.Mengurangi makanan yang pedas dan asam

Jika sering mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam maka tidak baik kesehatan salah satunya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, kurangi mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam.

6.Kurangi dan hindari minuman mengandung kafein, alkohol dan soda

Kurangi dan hindari minuman mengandung kafein, alkohol dan soda, karena dapat memicu ketidaknyamanan pada lambung anda yang pada akhirnya dapat mengakibatkan refluk pada organ lambung tersebut.

7.Hindari stres

Kondisi stres dapat berpengaruh pada kesehatan organ pencernaan. Jika seseorang dengan dalam keadaan stres, maka hal tersebut berdampak buruk pada kesehatan antara lain berkurangnya jumlah produksi enzim pencernaan, menimbulkan beberapa masalah sistem pencernaan seperti kembung, sembelit ataupun munculnya rasa mulas.

Demikian artikel kali ini tentang cara menjaga kesehatan lambung, smeoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi website obat penurun asam lambung.

 | Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *