Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi

By | 28th April 2015

Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi,- Ketika asam lambung diproduksi berlebihan, cairan lambung dapat mengalami reflux atau mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan istilah asam lambung tinggi. Gejala umum asam lambung tinggi adalah dada terasa panas seperti terbakar, sulit menelan, sering bersendwasa, radang tenggorokan, rasa perih pada lambung. Karena rasa nyeri tersebut , penderita sering merasa mual, muntah, yang terkadang menyebabkan tenggorokan dan mulut ikut terasa perih & panas.

Asam lambung tinggi dapat dicegah dengan mengurangi dan mengindari makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi, makanan yang mengandung banyak gas dan sebagainya.

tips mencegah asam lambung tinggi

Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi

1.Kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi

Asam lambung tinggi dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi seperti makanan dengan rasa asam (jeruk, tomat, kedongdong). Namun sebisa mungkin hindari makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi tersebut.

2.Kurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula & makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala asam lambung tinggi. Sebuah Study menyimpulkan bahwa, karbohidrat sangat berperan memicu asam lambung tinggi dibandingan dengan kopi & lemak.

3.Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi asam lambung tinggi. Oleh sebab itu, harus melakukan diet yang sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat & karbohidrat kompleks mampu mengontrol gula darah dan membakar lemak dalam tubuh.

4.Minum air putih yang cukup

Dehidrasi atau disebut juga dengan kurangnya cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung tinggi. Akan tetapi terlalu banyak minum juga membuat cepat panuh dan berakibat naiknya produksi asam lambung. Maka dari itu, harus mengontrol saat kita minum. Seperti minum satu jam sebelum makan.

5.Cukup tidur & kurangi stres

Orang yang sering bergadang pada malam hari cenderung lebih rentan mengalami asam lambung tinggi. Maka dari itu pastikan dan usahakan anda tidur setidaknya 7-9 jam setiap hari secara teratur. Selain kurang tidur, stres juga memicu terjadinya berbagai penyakit seperti hipertensi dan termasuk juga asam lambung tinggi.

6.Hindari gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu asam lambung tinggi. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman yang beralkohol. Merokok tidak hanya dapat merusak paru-paru, tapi dapat merusak semua organ dalam tubuh termasuk lambung. Jadi kebiasaan merokok tentunya akan memperparah kondisi seseorang yang sudah memiliki masalah pada lambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *