Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

By | 1st June 2018

Asam lambung tinggi adalah salah satu gangguang pada lambung. Apakah anda mengidap asam lambung tinggi dan merasa khawatir untuk berpuasa selama bulan ramadhan? Anda bisa mencoba cara aman berpuasa bagi penderita asam lambung tinggi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Pastikan untuk tidak melewati waktu sahur

Salah satu cara aman berpuasa bagi penderita asam lambung tinggi adalah tidak melewati waktu sahur. Terlebih bagi anda yang sedang mengalami asam lambung tinggi, makanlah saat sahur. Sebab bila anda melewatkan makan sahur dapat memperparah asam lambung di siang hari.

Jangan menunda-nunda buka puasa

Selain jangan melewati makan sahur, cara aman lainnya berpuasa bagi penderita asam lambung tinggi adalah tidak menunda-nunda buka puasa. Bila sudah waktunya berbuka, maka segeralah buka puasa.

Makan dengan perlahan

Saat buka puasa atau saat makan sahur makanlah dengan perlahan, jangan terburu-buru. Perlu anda ketahui bahwa makanan yang tidak dikunyah dengan benar, dapat memicu asam lambung tinggi.

Jangan langsung tidur sesudah makan

Jangan langsung tidur sesudah buka puasa maupun setelah makan sahur, bila asam lambung anda tidak ingin kambuh. Idealnya anda harus menunggu sekitar 3 jam sesudah makan jika anda kembali tidur.

Hindari hal-hal yang merangsang asam lambung naik

Bagi penderita asam lambung tinggi, konsumsilah makanan yang tepat jangan mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang asam lambung tinggi seperti makanan yang rasanya asam, pedas, makanan berlemak tinggi.

Itulah cara aman berpuasa bagi penderita asam lambung tinggi. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *