Buah Apel Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

By | 7th January 2017

Apel (Malicus domestica) adalah salah satu buah yang paling banyak diminati banyak orang. Apel yang sering ditemukan di pasar adalah apel berwarna hijau, pink dan merah. Buah ini memiliki kandungan banyak air yang dapat memberi kesegaran ketika melewati tenggorokan. Apel juga memiliki rasa manis. Selain rasanya yang enak, ternyata apel memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Karena apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah Apel Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. berdasarkan hasil penelitian bahwa quercetin berfungsi untuk meningkatkan serta memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama saat pikiran sedang stres.

Mengatasi diare dan sembelit

Apel adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diare dan sembelit. Karena apel mengandung serat yang berfungsi untuk menyerap kelebihan dari kotoran yang artinya bisa membantu dalam proses diare.

Baik untuk pencernaan

Apel juga merupakan salah satu buah yang sehat untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan, buah apel mengandung serat yang tinggi, vitamin dan mineral yang mudah dicerna oleh tubuh.

Menurunkan kolesterol

Apel adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, Karena mampu menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap kolesterol tinggi, konsumsilah buah apel, karena buah ini mengandung serat larut.

Menyehatkan tulang

Apel memiliki kandungan flavonoid dan boron. Kandungan boron yang terdapat di dalam apel bermanfaat untuk memperkuat tulang pada tubuh supaya tidak mudah keropos. Mengkonsumsi apel setiap hari juga bermanfaat untuk mengurangi masalah ostroporosis pada wanita pasca menopause.

Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Mengkonsumsi buah apel dengan langsung mengunyahnya dapat merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Apel memiliki kandungan tanin yang berfungsi untuk membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

Manfaat lainnya buah apel bagi kesehatan diantaranya:

  • Mengurangi resiko gangguan pernapasan
  • Mengontrol gula darah
  • Mencegah parkinson
  • Menyehatkan jantung
  • Detoksifikasi hati
  • Mencegah wasir

Apapun warna kulit buah apel merah ataupun hijau, pada umumnya buah apel memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *